LOADING

Type to search

Visi terjauh dari adanya Lab.SainsPuisi adalah tidak lain untuk menumbuhkan iklim eksperimentasi puisi yang futuristik dalam tubuh sejarah perpuisian di Indonesia.

Shiny.ane el’poesya

Laboratorium (disingkat lab.) berasal dari bahasa Latin. Akar katanya yaitu “Labora”, yang  berarti bekerja. Dengan sufiksasi berupa “-ium”, secara terminologis kata laboratorium didefinisikan sebagi tempat bekerja, atau ruangan bekerja yang sekaligus dilengkapi dengan berbagai peralatan (instrumen) untuk melakukan pekerjaan yang berkaitan dengan bidang keilmuan terkait: seperti riset, demonstrasi, diskusi dll. 

Lab. SainsPuisi bersifat virtual. Berada dalam jarinran Telegram: t.me/sainspuisi_Lab. Dibuka untuk melaksanakan kegiatan praktik belajar berPuisi dan diskusi bersama. Kegiatan yang dimaksud secara umum adalah kegiatan yang sifatnya pembelajaran, dengan kata lain mengedepankan bagi semua yang hendak belajar mengenai puisi sebagai sebuah ilmu dan bagaimana mempraktikannya perlahan-lahan hingga dianggap bisa menghasilkan berbagai produk puisi.

Visi terjauh dari adanya Lab.SainsPuisi tersebut adalah tidak lain untuk menumbuhkan iklim eksperimentasi puisi yang futuristik dalam tubuh sejarah perpuisian di Indonesia. Adapun web SainsPuisi.com, selain digunakan sebagai landing page dari proses yang dilakukan dalam Lab. SainsPuisi, sebenarnya adalah juga bagian integral dari proses jangka panjang guna mengintegrasikan apa yang sedang dan coba terus akan dilakukan di dalam Lab. SainsPuisi dengan dunia perpuisian yang ada di luarnya.

Namun, sekali lagi, keinginan tersebut juga tidak akan terwujud tanpa adanya kemauan dari kita semua untuk menumbuhkan kecintaan kepada proses berpuisi yang mampu dimulai dari awal, kepada dan bersama khalayak yang lebih luas. Dengan kata lain, kita semua harus sama-sama mendirikannya.

Ucapan terimakasih saya sampaikan secara tulus kepada kawan-kawan di Lab. SainsPuisi yang turut serta telah ikut dalam memperjuangkan ini semua, khususnya ketika ada keinginan bersama untuk merealisasikan keberadaan web ini lebih cepat. Pak Abd. Samad, Annur Aliyyu, Yessy Agustin, Lasma Farida, Sri K, Sarmina, Hana, Rina’s, Atsuko.  Semoga ini menjadi awal yang baik buat kita semua.

Warm Regard