LOADING

Type to search

Snow Crash. Facebook Metaverse?

Snow Crash adalah sebuah novel karangan seorang penulis asal Amerika bernama Neal Stephenson. Pertama kali terbit pada tahun 1992 oleh Bantam Books (US).
Dalam esainya In the Beginning… Was the Command Line (1999), Stephenson menjelaskan judul novel Snow Crash yang ia gunakan adalah sebagai istilah untuk merujuk pada mode kegagalan perangkat lunak tertentu pada komputer Macintosh awal. Stephenson menulis, bahwa “Ketika komputer mogok dan menulis omong kosong ke dalam bitmap, hasilnya adalah sesuatu yang tampak samar-samar seperti pada televisi yang rusak—yang menampilkan ‘kekacuan titik salju'”. Stephenson menyebutkan, bahwa buku Julian Jaynes The Origin of Consciousness in the Breakdown of the Bicameral Mind adalah salah satu buku yang memberi pengaruh utama bagi lahirnya Snow Crash.
Oya, ngomong-ngomong, masih ingat, kan, dalam awal gerakan sastra digital kita ada polemik seru antara kelompok pengusung sastra digital yang progress dan sastra cetak dengan pandangannya yang konvensional dan konservatif hingga terbit buku berjudul Polemik Sastra CyberPunk? Nah, novel ini selain bergenre Sains Fiksi, ia juga novel yang bergenre post-CyberPunk.
Dan menariknya, konon, kata “Metaverse” yang pekan lalu digadang-gadang oleh Mark Zukenberg berasal dari novel ini. Wah!?
Dalam novelnya, Neal Stephenson mengeksplorasi berbagai penggunaan teknologi futuristik seperti Mobile Computing, Internet Wireless, Virtual Reality, Digital Currency, AR Headset dan lainnya. Dengan latar yang demikian, novel ini menggambarkan sejumlah mimpi-mimpi masa depan Silicon Valley pada saat itu.
Sudah pernah baca?

 

Disunting oleh Shiny.ane el’poesya

Tags:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *