LOADING

Type to search

Cyberpunk dalam istilah kesusastraan adalah sebuah subgenre dari genre Sains Fiksi yang di dalamnya menggambarkan suasana atau latar kehidupan yang dipenuhi dengan segala atribut teknologi tinggi namun tokoh-tokohnya hidup secara distopik. Teknologi tinggi yang dimaksud lebih khususnya adalah teknologi komputer hingga cybernetic.

Lawrence Person dalam Notes Toward a Postcyberpunk Manifesto mengatakan bahwa karakter tokoh dalam Cyberpunk adalah orang yang terpinggirkan, terasing dan hidup di pojok kehidupan masyarakat yang secara umum distopic namun juga sekaligus hidup dalam pengaruh perkembangan teknologi yang cepat, banjir data dan informasi komputer yang terdapat di mana-mana dan modifikasi yang invasif dari tubuh manusia–dengan mesin.

Istilah Cyberpunk pertamakali muncul dalam sebuah judul cerita pendek yang ditulis oleh Bruce Bethke pada tahun 1980. Cerita pendek tersebut berkisah mengenai seorang anak yang hidup tenggelam dalam arus masyarakat yang berteknologi tinggi. Namun ia hidup dengan caranya sendiri yang benar-benar berbeda dari apa yang dilihatnya. Cerpen ini kemudian dicetak secara masal tiga tahun kemudian ketika dimual di majalah Amazing Stories.Sebuah majalah Sains Fiksi.

Meski cerpen pertamanya sudah terjual kontrak hingga diterbitkan, Bruce secara berkala masih menulis rangkaian cerita pendek yang merupakan kelanjutan dari cerpennyatersebut. Sampai akhirnya pada tahun 1989, rangkaian cerita tersebut menjadi cerita kesatuan dalam sebuah novel.

Istilah Cyberpunk menjadi begitu populer melalui artikel yang ditulis oleh Gardner Dozois yang ia tulis untuk Washington Post pada tahun 1984 yang berjudul Sains Fiksi di Tahun 80an. Artikel tersebut membahas mengenai adanya kecenderingan baru dalam penulisan Sains Fiksi.

Genre Cyberpunk menjadi semakin kukuh sebagai sebuah genre setelah William Gibson menerbitkan novelnya berjudul Neuromancer di tahun yang sama. Novel ini berkisah tentangkehidupan seorang Hacker yang hidup di dunia bawah tanah yang Distopic.

 

 

Disunting oleh Shiny.ane el’poesya

Sumber:

Person, Lawrence (October 8, 1999). “Notes Toward a Postcyberpunk Manifesto”. Slashdot. Originally published in Nova Express, issue 16 (1998).
https://en.wikipedia.org/wiki/Cyberpunk

The Early Life of the Word “Cyberpunk”


https://en.wikipedia.org/wiki/Neuromancer
https://conversations.e-flux.com/t/frederic-jameson-on-william-gibson-and-cyberspace/1987

Tags:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *